Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Minggu, 08 Maret 2009

PMR Mengobarkan Semangat Solidaritas-ku


Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja yang biasa disingkat dengan PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMA NEGERI 5 KEDIRI . Palang Merah Remaja atau PMR merupakan organisasi kemanusiaan yang berada di bawah binaan Palang Merah Indonesia. Palang Merah Indonesia sendiri membentuk organisasi Palang Merah Remaja secara resmi pada tahun 1953 dengan tujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal Palang Merah Indonesia, yang nantinya akan dilantik menjadi manusia yang berkemanusiaan dan mampu membantu tugas kepalang merahan.
Palang Merah Remaja atau PMR adalah organisasi yang dibina oleh Palang Merah Indonesia yang berpusat disekolah-sekolah dan bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama atau yang lebih dikenal dengan PP.
Materi pelatihan PMR antara lain bagaimana melakukan pertolongan pertama seperti pertyolongan kepada korban kecelakaan, pertolongan pada luka, pingsan, tergigit hewan atau terkena racun tumbuhan. PMR juga mempelajari bagaimana perawatan keluarga dan menerapkan pengabdian PMR di lingkungan masyarakat.
Dalam melaksanakan kegiatan, anggota PMR menerapkan 3 hal yang disebut Tri Bakti PMR, yaitu :
Anggota PMR berbakti pada masyarakat. Misalnya mengadakan kunjungan ke panti jompo, menjadi donor darah, mengadakan bakti sosial pada masyarakat yang membutuhkan.
Mempertinggi ketrampilan dan memelihara kebersihan dan kesehatan. Misalnya mempraktikan kebersihan dan kesehatan dilingkungan sekitar, mampu melakukan perawatan pada luka lecet.
Mempererat Persahabatan Nasional dan Internasional. Misal mengadakan latihan gabungan dengan kelompok PMR lain organisasi kepalangmerahan lainnya, sehingga dapat saling bertukar pikiran dengan PMR lain. Kami juga memiliki wadah tempat mencari sahabat dan saling berbagi informasi, dapat dimanfaatkan diseluruh dunia dengan cara megakses internet, karena telah memiliki Weblog dimana di lingkungan Sekolah kami baru PMR saja yang memilikinya. Di Weblog tersebut (http://pmrsmalakediri.blogspot.com/) merupakan tempat kami berekspresi dan mencari sahabat,.
Dalam Keanggotaannya, Palang Merah Remaja Terdiri atas Calon Angkatan dan Angkatan. Calon Angkatan atau Calang adalah predikat yang disandang oleh angkatan yang sedang menjalani pendidikan yang diperlukan untuk menjadi anggota PMR yang penuh. Setelah dilantik Calon Angkatan akan menjadi sebuah angkatan. Misalnya PMR SMA Negeri 5 Kediri angkatan 2008/2009 Sedangkan Angkatan adalah kumpulan calon angkatan yang telah dilantik, yang telah bersama-sama menjalani pendidikan.. Akan tetapi bukan berarti angkatan yang lebih tinggi tidak bertanggung jawab untuk mendidik junior- juniornya. Karena mereka masih perlu bantuan dalam mendidik calon angkatan di bawahnya. Angkatan yang lebih tinggi dipanggil oleh junior- juniornya atau calang atau sesama angkatan atas dengan sebutan “Kak”. Disini terlihat persahabatan dan kesetiakawanan/solidaritas telah dipupuk sejak mereka akan masuk menjadi anggota PMR.
Hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh suatu organisasi adalah solidaritas. Solidaritas merupakan suatu bentuk saling menghargai antara satu anggota dengan anggota yang lain sehingga akan terbentuk satu kesatuan yang kompak dan saling bertoleransi. Solidaritas inilah yang menyatukan Angkatan demi Angkatan yang telah terbentuk di lingkungan PMR kami, dibuktikanya jika ada suatu event kegiatan maka Angkatan lama yang sering disebut dengan Alumni masih tetap hadir membantu terhadap Angkatan yang masih aktif di sekolah, agar bisa saling bekerjasama dalam menjalankan tugasnya. Solidaritas tersebut harus dipupuk sejak awal dan tertanam di dalam hati setiap masing- masing anggota. Solidaritas ini akan menjadi pondasi yang kuat dalam menjalin suatu kerjasama. Solidaritas ini nantinya akan digunakan dalam melakukan setiap kegiatan yang menjadi program kerja Palang Merah Remaja. Misalnya dalam pelaksanaan Upacara Bendera setiap hari Senin dan hari-hari Besar lainnya, terkadang terdapat siswa/siswi yang membutuhkan pertolongan. Banyak diantara siswa yang merasa tidak kuat fisiknya untuk mengikuti upacara bahkan ada diantaranya yang sampai pingsan. Untuk itulah, diperlukan penanganan dan perhatian khusus. Di sinilah PMR mempunyai andil yang cukup besar dalam menangani para siswa yang membutuhkan pertolongan. Tiap upacara, beberapa anggota PMR ditugaskan secara bergiliran untuk membantu teman- temannya yang membutukan. Di sini dibutuhkan solidaritas anggota yang kuat untuk bertugas membantu teman-temannya yang membutuhkan pertolongan.
Ekstrakurikuler PMR dilaksanakan sebagai sarana untuk menyampaikan dan memperdalam materi tentang kepalangmerahan terutama ditujukan untuk para anggota baru. Sementara itu untuk anggota yang sudah cukup mahir, harus menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya kepada adik- adiknya. Jadi selain lebih memperdalam materi yang telah dikuasainya, juga sebagai latihan mental menghadapi orang banyak. Bentuk penyampaian materi juga tidak hanya sebatas teori saja, tetapi diselingi dengan praktek- praktek di lapangan. Penyampaian materi ini juga bertujuan untuk memupuk rasa solidaritas antar anggota.
Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjalin solidaritas adalah jumbara (Jumpa Bhakti Gembira) merupakan suatu ajang yang diselenggarakan untuk menampilkan kemampuan anggota PMR (semacam Jambore dalam Pramuka). Kegiatan ini diikuti oleh wakil dari sekolah-sekolah dari tingkatan SD sampai dengan Perkuliahan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI ini, bertujuan untuk lebih mengakrabkan diantara sesama anggota PMR terutama dengan anggota PMR dari sekolah lain sehingga akan memupuk rasa solidaritas yang tinggi diantara sesama organisasi kepalangmerahan. Tetapi sayang kadang malah membuat rasa bermusuhan diantara sekolah satu dengan lainnya, karena materi dalam Jumbara umumnya adalah materi perlombaan. Memang sulit menumbuhkan jiwa solidaritas atau kesetiakawanan tersebut jika orientasi Jumbara hanya untuk pamer kemampuan tanpa ada rasa untuk memularkan kemampuannya kepada sekolah-sekolah lain.
Rencana kegiatan lain yang PMR lakukan adalah menyelenggarakan Bhakti Sosial yang berupa pengumpulan pakaian bekas pantas pakai, buku-buku pelajaran, membantu Puskesmas pada hari libur semester dan sebagainya . Bantuan yang teerkumpul kemudian akan diserahkan pada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini merupakan bentuk solidaritas Palang Merah Remaja terhadap masyarakat.
Kegiatan lain yang juga dapat memupuk rasa solidaritas adalah melalui kegiatan Donor Darah. Kegiatan Donor Darah yang dikoordinir oleh PMR dan PMI ini, diikuti oleh para siswa dan guru, di lingkungan kami setiap 4 bulan rutin mengadakan donor darah, banyak siswa yang senang mengikuti donor darah tersebut karena kadang kala ada suatu program dari PMI bagi pendonor mendapatkan kaos ataupun gantungan kunci, dan tentu juga mereka ikhlas dalam donor tersebut siapa tahu darah mereka dapat menolong orang yang sangat membutuhkan.
UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah merupakan rumah sakit mini yang ada disekolah. PMR sebagai satu-satunya organisasi yang berkecimpung didunia kemanusiaan termasuk kesehatan, turut menangani, mengelola dan memberdayakan UKS ini. Keberadaan UKS dirasa sangat diperlukan terutama ketika terdapat siswa yang sakit. Beberapa anggota PMR ditugaskan secara bergiliran untuk menjaga dan merawat UKS ini. Hal ini sebagai bentuk solidaritas dan pengabdian anggota PMR kepada sesama.
Dalam keanggotaan Palang Merah Remaja dibutuhkan adanya suatu kepengurusan yang nantinya akan mengatur dan mengkoordinir program kerja PMR. Masa kepengurusan PMR adalah satu tahun pelajaran. Oleh karena itu, tiap tahun harus diadakan reorganisasi untuk memilih para pengurus baru. Pengurus baru ini dipilih berdasarkan pilihan dari semua anggota PMR secara demokratias Setelah terbentuk, pengurus baru akan dibekali beberapa pengetahuan tentang organisasi PMR, dan selanjutnya dilantik atau dikukuhkan. Dan tentunya, solidaritas merupakan kunci utama keberhasilan suatu kepengurusan. Jadi, kobarkan semangat solidaritas untuk memajukan Palang Merah Remaja.
Hidup PMR smala…...................!!!!!!!!!!!!!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar